Sekedar Kenal dan Tahu, Politeknik???

7 07 2009

Tahukah Anda???

Apa itu Perguruan Tinggi ?

Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen.

Di Indonesia Perguruan Tinggi dibagi menjadi lima yaitu :

  1. Akademi
  2. Institut
  3. Politeknik
  4. Sekolah Tinggi
  5. Universitas

Lalu apa yang membedakan kelimanya ??

Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu. Misalnya AKPOL, AKMIL.

Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Misalnya ITB, ITS, IKJ dll.

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus, Misalnya PNJ, Polman Bandung, dll.

Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi., Misal STAN, STIS dll

Universitas adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Kata universitas berasal dari bahasa Latin yang artinya adalah umum dan menyeluruh, Misalnya UI, UGM Unpad, Undip, dll.

Perbedaan Antara Pendidikan Akademik, Profesi, dan Vokasi.

Pendidikan akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjana, magister, dan doktor.

Pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Lulusan pendidikan profesi akan mendapatkan gelar profesi.

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang mencakup program pendidikan diploma 1, diploma 2, diploma 3, dan diploma 4, maksimal setara dengan program pendidikan sarjana. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi.

Sekilas Mengenai Sistem Pendidikan Politeknik

Politeknik merupakan satu bagian dari Sistem Pendidikan Nasional khususnya pendidikan tinggi yang berusaha mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui jalur pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi selalu berpartisipasi aktif menegakkan perekonomian bangsa dan negara, melalui SDM yang mempunyai keterampilan yang praktis dan memadai. Program Pendidikan Politeknik merupakan jalur Pendidikan Vokasi pada tingkat Perguruan Tinggi yang membekali lulusannya dengan keterampilan yang didukung dengan pengetahuan dasar teoritis yang cukup dan sikap disiplin yang tangguh. Dengan bekal itu, diharapkan alumni Politeknik betu lbetul menjadi tenaga vokasional di bidangnya, khususnya di bidang Keteknikan (Engineering) dan Tata Niaga (Commerce). Dasar hukum Pendirian Politeknik adalah Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 032 DJ/KEP/1979, tentang pembentukan Politeknik di 6 (enam) Daerah/Perguruan Tinggi. Di Indonesia, sistem pendidikan politeknik sudah dirintis sejak Pelita II. Awalnya dibuka pendidikan Politeknik Mekanik Swiss di Bandung pada tahun 1976 yang menjadi model pendidikan Politeknik, kemudian sekarang bernama Politeknik Manufaktur (POLMAN) Bandung yang dinilai berhasil baik. Pembangunan Pendidikan Politeknik dilakukan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai suatu proyek pemerintah yang dibiayai dengan bantuan Bank Dunia (World Bank).

Pembangunan Tahap I (pertama), dimulai pada tahun 1979 sebanyak 6 (enam) lokasi Politeknik, yang menyebar di :

  1. Medan         : Politeknik Universitas Sumatera Utara (USU)
  2. Palembang : Politeknik Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  3. Jakarta         : Politeknik Universitas Indonesia (UI)
  4. Bandung      : Politeknik Institut Teknologi Bandung (ITB)
  5. Semarang    : Politeknik Universitas Diponegoro (UNDIP)
  6. Malang         : Politeknik Universitas Brawijaya (UNIBRAW)

Dan bagi yang akan melanjutkan ke Politeknik harap diketahui bahwa study di Politeknik betul – betul disiplin dijalankan dengan tegas, semisal bila anda terlambat masuk kelas 5 menit s.d 90 menit (berbeda tiap politeknik) akan di kalikan lima kompensasinya.

Jadi bila anda terlambat 5 menit akan menjadi 25 menit, jumlah kompensasi keterlambatan dan tidak masuk tanpa keterangan akan di kalkulasi tiap akhir semester dan diwajibkan membayar total kompensasinya dengan kerja di kampus seperti : bantu urus administrasi jurusan, tugas tambahan dari dosen, perpustakaan dsb. Bila kompensasi ini tidak di bayar maka tidak bisa mengambil MarkSheet ( Daftar Nilai Akhir Semester) sehingga tidak bisa Daftar Ulang.

Selain itu yang membedakannya lagi dengan Universitas pada umumnya sistem pendidikannya adalah paket jadi tidak ada istilah Semester Pendek (SP) kalaupun ada istilah SP di politeknik itu berarti Surat Peringatan, yang artinya surat peringatan karena jumlah kompensasi anda mencapai batas tertentu (alias kebanyakan absen). Dan lagi jumlah mahasiswanya perkelas hanya berkisar 24-28 siswa lho. Semoga bermanfaat Bila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sistem pendidikan politeknik ini ada file pdf 258kb (contoh diambil dari Polteknik Negeri Medan ) meski berbeda secara keseluruhan tapi secara umum sama seperti ini.

silakan download file lengkanya di  di http://www.polmed.ac.id/file/h_1173344851.pdf

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: